Sunday, January 8, 2023

Ciri Ciri Kopi Arabika

Ciri Ciri Kopi Arabika, Karakteristik dan Sejarahnya

Kopi Arabika adalah salah satu dari dua varietas utama kopi di seluruh dunia. Biji arabika menghasilkan sekitar 75 persen produksi kopi dunia setiap tahunnya. Mereka terbiasa memproduksi kopi sendiri, dan dicampur dengan kopi varietas lain, robusta. 

Biji arabika diseduh di Afrika Timur dan Arab sebelum diperkenalkan ke Eropa dan Amerika pada abad ke-17. Kopi Arabica adalah jenis kopi yang terbuat dari biji tanaman Coffea arabica. Arabica berasal dari dataran tinggi barat daya Ethiopia dan merupakan jenis kopi paling populer di seluruh dunia – menghasilkan 60% atau lebih produksi kopi di dunia.


Apa Ciri Ciri Kopi Arabika, Mengapa disebut kopi “Arabika”?

Menurut artikel di ThoughtCo.com ini, disebut kopi arabika karena pada abad ke-7 bijinya dibawa dari Ethiopia ke Arab yang lebih rendah. Di Etiopia, kacang dihancurkan dan dicampur dengan lemak untuk dimakan sebagai stimulan oleh suku Oromo.

Tapi begitu mereka tiba di Arab “kopi” lahir . Itu ditulis sebagai minuman yang diseduh untuk pertama kalinya oleh para sarjana Arab yang mengatakan itu membantu mereka memperpanjang jam kerja mereka. Dari sana kopi menyebar ke seluruh dunia.

Jika biji kopi pertama kali diseduh menjadi minuman yang nikmat di Arab, mudah untuk melihat mengapa disebut kopi arabika, dan mengapa disebut juga sebagai kopi Arab.


Ciri ciri kopi arabika dan rasa kopi arabika?

Kopi arabika berkualitas tinggi harus memiliki rasa yang sedikit manis, dengan sedikit rasa cokelat, kacang, dan karamel . Anda mungkin juga memperhatikan petunjuk untuk buah dan beri. Akan ada sedikit / menyenangkan keasaman dan sedikit kepahitan. Kopi seduh dingin dapat membantu menghadirkan rasa manis arabika lebih banyak lagi.

Daging panggang yang Anda pilih akan memengaruhi sejauh mana Anda memperhatikan rasa. Luas dan komposisi tanah biji ditanam juga dapat mempengaruhi keseimbangan rasa di atas.


Indonesian Coffee, Recognize the Types of Delicious Coffee

Menyimpan biji kopi dengan benar agar tetap enak dan segar adalah cara yang bagus untuk membantu melestarikan catatan rasa yang enak itu. Sebagian besar biji kopi yang Anda lihat di toko kelontong, pasar, kedai kopi, dan kafe – adalah kopi arabika. 

Beberapa merek akan mencampurkan biji kopi arabika dan robusta, terutama campuran espresso. Namun mayoritas adalah kopi arabika.


Bagaimana kopi arabika ditanam?

Tanaman kopi Coffea arabica atau  arabika tidak menyukai iklim yang keras; ia menyukai kelembapan dan tidak tahan terhadap embun beku. Ini lebih suka suhu antara 15 ° C dan 24 ° C (59 ° F dan 75 ° F) dan suka tumbuh di tempat teduh. Pikirkan subtropis.

Biasanya tumbuh pada ketinggian sekitar 1.900+ kaki (600+ meter) di atas permukaan laut. Ia suka tumbuh di lereng bukit dan matang pada usia sekitar 7 tahun.

Tanaman tumbuh sekitar 9-12 meter di alam liar. Ketika ditanam untuk penggunaan komersial, tingginya bisa mencapai sekitar 5 meter tetapi biasanya dijaga sekitar 2 meter untuk membantu pemanenan.


Bunganya kecil dan putih, baunya seperti bunga melati, manis dan cantik.

Kacang (yang sebenarnya adalah biji) ditemukan di dalam buah beri yang tumbuh di tanaman mirip semak ini. Buah beri dipanen saat berwarna “ceri” atau merah tua / ungu tua, biasanya ada 2 biji di setiap buah beri.

Sama seperti blueberry, buah tanaman kopi arabika tidak matang pada saat yang bersamaan, jadi buah beri paling baik dipetik dengan tangan . Jika dipanen sebelum matang sempurna hasilnya adalah kopi yang inferior.

Saat biji kopi arabika dikeluarkan dari buahnya, ada juga “lapisan perkamen” dan “kulit perak” yang harus dihilangkan.


Kopi arabika

Biji arabika diproduksi oleh Coffea arabica, semak asli Afrika Timur dan semenanjung Arab. Coffea arabica adalah salah satu dari dua jenis tanaman kopi, yang lainnya adalah Coffea caneophora, disebut juga Coffea robusta.

Coffea arabica tumbuh dengan baik di lingkungan yang hangat dan sedang, biasanya di ketinggian antara 1.300 dan 1.500 meter. Tanaman tumbuh setinggi sekitar lima meter, meskipun tanaman komersial biasanya dibuat pendek. Daun tanaman berwarna hijau tua, dan menghasilkan bunga putih dan beri merah tua.


Produksi

Kopi arabika dibuat dari biji atau biji tanaman arabika. Untuk menghasilkan kopi, petani memetik buah beri dan membuang dagingnya, hanya menyisakan bijinya. Biji kemudian dicuci, dikeringkan dan dipanggang sebelum dijual. Rasa kopi tidak hanya bergantung pada proses ini tetapi juga pada tanah dan iklim tempat tanaman itu ditanam, serta pada perbedaan genetik kecil antara subtipe arabika, yang disebut varietas.


Sejarah

Kopi Arabika adalah kopi pertama yang diketahui telah digiling dan diseduh. Meskipun legenda menelusuri asal-usulnya kembali ke Ethiopia abad pertengahan, sejarah minum kopi yang terdokumentasi hanya mencapai abad ke-15.

Kedai kopi pertama yang tercatat dibuka di Konstantinopel pada tahun 1450-an. Awalnya, otoritas agama berusaha untuk melarang kopi, namun permintaan terlalu tinggi dan kopi menjadi bagian utama dari kehidupan sosial di dunia Muslim.

Kopi arabika menyebar ke timur dan barat, menjadi minuman modis di Eropa dan Amerika serta Asia dan Timur Tengah. Namun, kebanyakan kopi yang ditanam di Timur Jauh adalah Coffea caneophora, bukan Coffea arabica.


Karakteristik

Varietas kopi arabika yang berbeda menghasilkan rasa dan tubuh yang berbeda, tetapi mereka memiliki beberapa kesamaan. Dibandingkan dengan Coffea canephora, arabika lebih halus dan tidak terlalu pahit dengan rasa yang lebih lembut. Ini juga lebih rendah kafein.

Biji Robusta terkadang dicampur dengan biji arabika yang lebih mahal untuk menambah kafein dan mengurangi biaya. Varietas kopi terkenal seperti kopi Kolombia dan kopi Kona adalah varietas dari biji arabika.


Sumber :

https://nusantaracoffe.com/ciri-ciri-kopi-arabika-karakteristik-dan-sejarahnya/

No comments:

Post a Comment

Related Posts