Wednesday, January 4, 2023

Espresso Diminum Sekali Tenggak

Espresso Diciptakan untuk Diminum Cepat Sekali Tenggak, Ini Sebabnya

Penggemar kopi hitam banyak yang menyukai espresso. Jenis kopi asal Italia ini memiliki batas waktu untuk dikonsumsi jika ingin mendapatkan kualitasnya secara maksimal. Begini kata pakar. Espresso merupakan kopi yang dihasilkan dari penyeduhan menggunakan mesin yang memiliki tekanan dan suhu tinggi. 

Proses tersebut bertujuan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling. Kata "espresso" sendiri berasal dari bahasa Italia yang artinya "kopi ditekan". Kopi ini memiliki krema dengan rasa pahit dan pekat yang kuat. Espresso digandrungi banyak pencinta kopi hitam.

Untuk penyajiannya, espresso berbeda dengan kopi lain yang disajikan di cangkir atau gelas berukuran standar. Espresso justru disajikan di cangkir kopi mungil berukuran 29 ml saja. Ada maksud di balik penggunaan cangkir tersebut.

Espresso disarankan untuk dinikmati dalam sekali tenggak saat masih hangat dan ada kremanya. Pakar kopi menyebut inilah cara menikmati espresso yang ideal karena aroma dan cita rasanya bakal maksimal.


Sama-sama Kopi Hitam, Apa Bedanya Americano, Long Black, dan Kopi Tubruk?

Mengutip Mashed (30/12), Bean Ground menjelaskan bahwa semakin lama espresso didiamkan alias tidak langsung diminum setelah dibuat, maka semakin menurun kualitasnya. Hal ini dipicu proses oksidasi yang merupakan kondisi dimana espresso terpapar semakin lama dengan oksigen.

Proses oksidasi ini terkait dengan kehadiran krema yaitu buih yang muncul pertama kali saat ekstraksi kopi. Semakin lama espresso didiamkan, krema akan menghilang, dan proses oksidasi semakin cepat karena tak ada krema yang 'melindungi' kopi di bawahnya.

Secara umum, butuh waktu sekitar 3 menit untuk krema espresso benar-benar menghilang. Karenanya espresso disarankan untuk dinikmati tak lebih dari 5 sampai 7 menit setelah dibuat agar kamu tidak menikmati espresso yang 'mati'.

Lewat dari waktu itu, bukannya espresso tidak aman dikonsumsi, tetapi kualitasnya sudah tidak maksimal. Tak heran jika beberapa pakar kopi menyarankan espresso justru diminum dalam rentang waktu 20-30 detik setelah dibuat.

Sejatinya espresso adalah kopi yang dibuat fresh dan langsung dinikmati. Ciri-ciri espresso enak adalah yang kental dan harum. Perpaduan bodi yang penuh dengan krema juga akan menghasilkan tekstur halus seperti beludru. Espresso yang baik juga memiliki rasa yang seimbang.

Selain diminum begitu saja, espresso juga jamak dipakai sebagai campuran minuman seperti susu atau air panas. Susu tersebut bisa dicampurkan begitu saja, dipanaskan terlebih dahulu (steamed milk), atau dikocok hingga menjadi buih (foam). Contoh minuman yang menggunakan espresso adalah cappuccino, Americano, latte, dan macchiato.


Sumber :

https://food.detik.com/info-kuliner/d-6493067/espresso-diciptakan-untuk-diminum-cepat-sekali-tenggak-ini-sebabnya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts