Monday, September 23, 2019

Antara Cappuccino dan Latte


Perbedaan antara Cappuccino dan Latte

Saat mengunjungi kedai kopi dan memesan cappuccino dan latte, Anda akan melihat bahwa keduanya memiliki rasa hampir sama. Salah satu alasannya adalah karena keduanya sama-sama memiliki tambahan banyak susu dan busa.

Untuk memahami perbedaan samar antara keduanya, berikut adalah penjelasannya.


Latte

Latte dikenal sebagai café au lait dalam bahasa Perancis, café con leche dalam bahasa Spanyol, dan Milchkaffee dalam bahasa Jerman. Dengan kata sederhana, latte berarti kopi susu.

Latte sering menyertai sarapan dan merupakan ‘double shot’ espresso yang diberi susu di atasnya.

Harus diperhatikan bahwa yang ditambahkan di atas latte adalah susu bukan buih susu sehingga jumlah susu dalam latte cukup signifikan.

Di beberapa kafe, latte mungkin disajikan dengan busa di atasnya yang hanya digunakan untuk hiasan untuk membuatnya lebih menarik.

Terdapat beberapa hiasan pada latte. Desain yang digunakan biasanya berbentuk hati atau daun.


Cappuccino

Jika Anda perhatikan, resep standar cappuccino umumnya terdiri atas sepertiga espresso, sepertiga susu, dan sepertiga busa susu.

Minuman ini memiliki lapisan tebal busa di atasnya. Cappuccino memiliki rasa lebih kuat dibandingkan dengan latte tetapi dengan atribut rasa seimbang.

Akhir-akhir ini di Amerika, cappuccino tidak lagi menggunakan susu melainkan diganti dengan susu busa mikro. Susu ini memiliki tekstur glossy dan halus dengan gelembung kecil.

Cappuccino biasanya dihiasi dengan taburan bubuk kayu manis di atasnya.


Sumber :
https://www.amazine.co/28524/jenis-kopi-apa-perbedaan-antara-latte-dengan-cappuccino/

No comments:

Post a Comment

Related Posts