Tuesday, October 31, 2023

Mengapa Kopi Bisa Memiliki Rasa Buah?

Kopi merupakan tanaman yang sangat sensitif yang bisa terpengaruhi tanaman dekatnya.

Ahad 17 Jun 2018 04:49 WIB

Mungkin Anda pernah mencicipi atau mendengar kopi dengan rasa buah. Bukan rasa buah yang dominan, naun sebatas percikan rasa lain di samping rasa pahit yang paling mudah dikenali.

Mengapa bisa kopi itu memiliki rasa yang lain? Kok, Bisa orang-orang mengatakan ada rasa asam, manis, bahkan rasa buah-buahan lain, seperti jeruk atau cokelat. Inilah yang justru menjadi karakter kopi di setiap daerah yang berbeda.

Starbucks Indonesia Barista Championship 2016 Genoveva Fellicia menjelaskan, kopi merupakan tanaman yang sangat sensitif. Sehingga, tanaman kopi mudah terpengaruh rasanya oleh tanaman sekitar.

Ketika tanaman kopi tumbuh di wilayah yangdekat dengan tanaman jeruk, maka rasa biji kopi yang dihasilkan akan memilikirasa jeruk. Begitu pula dengan tanaman lainnya yang bisa mempengaruhi rasa biji kopi yang dihasilkan nantinya.

"Ini karena mereka berada di satu tanah yang sama. Saling berbagi mineral yang sama pula," ujar Fellicia.

Sebab itu, tidak aneh kalau kopi memiliki rasa yang berbeda-beda di tiap tempatnya. Ada yang cenderung asam, sedikit manis, dan karakter-karakter lainnya.

Mungkin bagi orang awam, kopi hanya memiliki rasa pahit saja. Fellicia menjelaskan, itu wajar sebab tidak semua orang memiliki pembendaharaan rasa yang kaya di otaknya.

Semakin orang itu sering merasakan rasa alami dari buah dan makanan, maka pembendaharaan rasanya pun akan semakin kaya. Dia pun akan bisa mengenali karakter-karakter dari rasa kopi yang ada meski samar. "Jadi pas minum dia bisa membayangkan, rasa asam yang dihasilkan tuh seperti dari buah apa ya, oh buah jeruk ini," ujar Fellicia mencoba mencontohkan.


Sumber :

https://ameera.republika.co.id/berita/pa7e51328/mengapa-kopi-bisa-memiliki-rasa-buah

No comments:

Post a Comment

Related Posts