Sunday, March 19, 2023

Pro dan Kontra Kopi Untuk Lansia

7 Pro dan Kontra Konsumsi Kopi Untuk Lansia, Ini Penjelasan Ahli

Kopi dipercaya sebagai minuman untuk membantu produksi energi di pagi hari. Tetapi apakah kopi juga aman untuk dikonsumsi lansia? Ini kata ahli.

Kopi merupakan minuman yang mengandung kafein secara alami dengan kadar yang tinggi. Kandungan kafein yang ada di dalam kopi ini membuatnya paling ampuh untuk memicu produksi energi sebelum beraktivitas.

Selain itu, kadar kafein di dalam kopi juga disebutkan memiliki efek anti-penuaan alami yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Kafein pada kopi dapat mengatasi selulit, lingkaran hitam pada wajah, lemak pada beberapa area tubuh hingga kantung mata yang mulai terlihat jelas.

Tetapi apakah manfaat anti-penuaan pada kopi ini aman untuk dikonsumsi oleh orang tua dan lansia? Ternyata ada beberapa pernyataan pro dan kontra baik yang menyetujui maupun menolak pernyataan bahwa kopi adalah minuman yang aman untuk orang tua.


Berikut ini 7 pro dan kontra konsumsi kopi bagi lansia menurut Griswold Home Care:

1. Meningkatkan kognitif

Konsumsi kafein tidak hanya dapat meningkatkan produksi energi saja. Konsumsi kafein secara rutin dan tepat takaran dapat membantu mencegah demensia pada orang tua.

Berbagai penelitian dan pengamatan telah dilakukan oleh para ahli untuk melihat efek kopi pada orang tua. Hasilnya kafein yang terkandung dalam kopi mampu mencegah penurunan kognitif yang disebabkan oleh usia.


2. Menyebabkan dehidrasi

Tetapi ada salah satu efek samping yang dikhawatirkan oleh para ahli jika terjadi pada orang tua. Konsumsi kopi yang tidak tepat justru dapat menyebabkan dehidrasi yang memicu banyak efek samping lainnya.

Bagi orang tua, ketika tubuh mengalami dehidrasi maka ginjal akan menjadi organ yang paling terdampak. Menurunnya cairan di dalam tubuh dapat membuat tekanan pada ginjal sehingga akan menyebabkan nyeri yang mengganggu.


3. Menurunkan risiko kanker

Kadar kafein di dalam kopi telah terbukti dalam beberapa penelitian dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker. Mulai dari kanker prostat, kanker hati, kanker endometrial hingga beberapa kanker mulut dan tenggorokan.

Tetapi efek ini baru bisa didapatkan oleh konsumen yang rutin mengkonsumsi empat hingga enam cangkir kopi per hari. Sayangnya, jumlah yang terlalu banyak tersebut juga dikhawatirkan dapat memicu efek samping lain yang negatif.


4. Meningkatkan detak jantung

Berbeda dengan ketika masih berusia muda, detak jantung bukanlah masalah besar bagi kebanyakan orang. Tetapi jika sudah memasuki lanjut usia, detak jantung dapat memberikan efek yang krusial untuk kesehatan.

Kafein yang memicu energi bekerja dengan cara memompa jantung dan menyebabkan detaknya lebih cepat. Hal ini tentu berbahaya bagi orang tua terlebih mereka yang memiliki keluhan jantung seperti aritmia.


5. Meminimalisir risiko stroke

Komponen antioksidan yang ada di dalam kopi membuatnya juga bermanfaat untuk menurunkan risiko stroke terutama pada orang tua. Para peneliti menemukan bahwa orang yang rutin konsumsi 2-3 cangkir kopi per hari mengalami penurunan risiko stroke sebanyak 32%.

Untuk mengetahui efek samping lebih lanjut, para peneliti juga melakukan penelitian ulang terkait manfaatnya ini. Ternyata justru ditemukan fakta baru bahwa orang yang minum kopi satu cangkir per minggu akan mengalami 7% penurunan risiko stroke dan 8% penurunan gagal jantung.


6. Memicu lonjakan tekanan darah

Kopi memang telah terbukti memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa kopi juga memberikan efek negatif. Salah satunya adalah bagi penderita gangguan kardiovaskuler.

Pasien dengan gangguan kardiovaskuler dapat mengalami lonjakan tekanan darah setelah minum secangkir kopi. Walaupun efeknya hanya temporer atau jangka pendek, tetapi hal ini wajib diwaspadai.


7. Memperpanjang usia

Melibatkan ribuan partisipan, ada penelitian para ahli yang menemukan bahwa kopi dapat memperpanjang usia. Peneliti dari NIH's National Cancer Institute melibatkan 400.000 pria dan wanita dengan rentang usia 50-71 tahun untuk melihat khasiat kopi pada lansia.

Penelitian yang dilakukan selama 10 tahun ini menyebutkan bahwa orang yang secara rutin minum kopi cenderung lebih panjang umur. Hal ini karena kopi dapat menurunkan risiko penyakit jantung, penyakit pernapasan, stroke, diabetes dan infeksi lainnya.


Sumber :

https://food.detik.com/info-sehat/d-6562345/7-pro-dan-kontra-konsumsi-kopi-untuk-lansia-ini-penjelasan-ahli.

No comments:

Post a Comment

Related Posts