Saturday, December 12, 2020

Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula

Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula Dan Susu Untuk Kesehatan

Salah satu minuman yang paling nikmat saat sarapan pagi adalah kopi. Secangkir kopi bisa memberikan semangat dan energi baru bila diminum pada pagi hari. Tidak hanya itu, kopi juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan, terutama bila Anda memilih kopi tanpa gula dan susu. Melansir dari Times Of India, berikut ini beberapa manfaat minum kopi tanpa gula dan susu setiap hari. 


1. Meningkatkan memori

Minum kopi hitam alias kopi tanpa gula dan susu ternyata bisa membantu meningkatkan fungsi otak. Kopi dapat membuat daya memori semakin kuat, serta mencegah demensia. Sebuah studi menemukan bila mengonsumsi kopi hitam secara teratur, maka bisa mengurangi risiko dari penyakit alzheimer hingga 65% dan penyakit parkinson hingga 60%.


2. Meningkatkan kinerja selama olaharga

Kopi hitam juga bisa meningkatkan kinerja fisik dan membantu mempersiapkan tubuh untuk aktivitas fisik yang intens. Selain itu, kopi dapat memecah lemak tubuh yang tersimpan dan melepaskan sel-sel lemak ke aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas, yang bisa digunakan sebagai bahan bakar untuk aktivitas fisik yang berat.


3. Meningkatkan kinerja liver

Kopi juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit kanker hati, hepatitis, penyakit hati berlemak, dan sirosis alkoholik. Seseorang yang minum 4 cangkir atau lebih kopi hitam setiap hari memiliki 80 persen lebih rendah terkena penyakit hati. Selain itu, kopi juga bisa menurunkan tingkat enzim hati yang berbahaya di dalam darah.


4. Meningkatkan kecerdasan

Kopi juga memiliki stimulan psikoaktif yang bisa bereaksi dengan tubuh, yaitu utnuk meningkatkan energi, suasana hati, dan juga bisa membuat Anda jadi lebih pintar


5.Membersihkan perut

Kopi memiliki sifat diuretic, yang membuat Anda jadi ingin buang air kecil. Inilah yang dapat membantu mengeluarkan racun dan bakteri dalam tubuh. Untuk itulah, disarankan buat minum kopi hitam tanpa gula agar bisa membersihkan perut.

 

6.Membantu menurunkan berat badan

Kopi hitam juga bisa membantu menurunkan berat badan, terutama bila Anda lanjutkan dengan olahraga. Kopi hitam bisa meningkatkan metabolisme sekitar 50 persen, serta membakar lemak di perut.


7. Meningkatkan antioksidan

Kopi hitam juga bisa sebagai pembangkit tenaga antioksidan. Kopi hitam mengandung vitamin B2, B3, B5, manga, kalium, dan magnesium.


8.Meningkatkan kesehatan jantung

Minum kopi tanpa gula dan susu secara rutin bisa meningkatkan tekanan darah. Bila minum 1-2 cangkir kopi hitam, maka bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, termasuk stroke. Kopi hitam juga bisa mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh.


9. Membuat Anda lebih bahagia

Ternyata, minum kopi hitam juga bisa meningkatkan mood dan dapat membaut Anda lebih bahagia. Kopi juga bisa menjadi salah satu solusi untuk melawan depresi, stres, dan meningkatkan mood. Soalnya, kopi dapat merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi dopamin, serotonin, dan noradrenalin, yang penting dalam meningkatkan suasana hati.


10. Mengurangi risiko asam urat

Penelitian menunjukkan orang yang minum kopi hitam secara rutin memiliki 57 persen penurunan asam urat. Hal ini terjadi karena kandungan antioksidan dalam kopi dapat mengurangi pengemabangan asam urat dengan menurunkan tingkat insulin dan asam urat dalam tubuh.


Sumber :

https://womantalk.com/health/articles/manfaat-minum-kopi-tanpa-gula-dan-susu-untuk-kesehatan-yB70v

No comments:

Post a Comment

Related Posts